Wednesday 22 March 2017

Review Film Passengers [Kupas tuntas Film Passengers]


Selamat pagi man-teman
[kenapa pagi? karena gue nulis review ini tepat jam 2am]

oke kali ini gue bakal nge-review film yang barusan gue tonton semalam [i mean that two months ago, tepatnya Januari wkwkw], taraaaa "PASSENGERS"
bay-de-way lo semua udah tahu belom ni film tentang apa?

atau udah ada yang nonton sebelum gue ni? [lo mau ngajak gue dulu-duluan nonton film ha? lo nantangin gue?] ok fix gue nyerah, bye

oke i tell you, passengers itu film yah, bukan nama grup band yang nyanyiin lagu let her go, Passengers adalah film petualangan fiksi ilmiah Amerika Serikat tahun 2016 yang disutradarai Morten Tyldum dan ditulis oleh Jon Spaihts. Film ini dibintangi Jennifer Lawrence, Chris Pratt, Michael Sheen, Laurence Fishburne, dan Andy GarcĂ­a dan mulai tayang di bioskop Desember 2016.

jadi waktu gue liat ni film, maksud gue pas gue liat trailer nya pas gue lagi di dalam busway samping cewe cantik yang gue belom tahu nama nya [mau ngajak kenalan ntar doi malah mintak turun sama kondektor nya, kan berabe] jadi pas gue liat trailernya nih, gue langsung 100% tertarik sama nih film. kenapa? karena gue adalah seorang pemuja alam semesta sejak gue dilahirkan. gue sangat menyukai semua hal tentang alam semesta, OUT of SPACE dan tentang ilmu yang berbau PHYSICS.. seru aja gitu liat film-film tentang fantasi sci-fi gini, bisa mewakili kekaguman gue terhadap alam semesta betapa canggih nya ciptaan sang khaliq ... perfect, dan mengingatkan betapa kecil nya kita di bumi ini, apalagi di alam semesta... asyikkk

Oke, sebenarnya film apapun itu yang penting berbau : luar angkasa, scient and romance walaupun gue kaga atau belom liat trailer nya gue pasti tonton tu film dan buat gue hukum menonton film sci-fi fantasi fiksi and romance dan jenis pe-film-an seperti ini hukum nya Fardu 'Ain [wajib mutlak] and then malam nya gue langsung putusin buat nonton nih film, PASSENGERS.

PASSENGERS - The Starship Avalon
dunia koloni Homestead II



berawal dari ting tong, sorry ada cucu drakula mintak di gepok [baca : nyamuk]
ok back to the topic, here's the story :

berawal dari tabrakan antara kapal Avalon [pesawat luar angkasa] dengan Asteroid yang menyebabkan rusaknya peleburan reaktor dari salah satu sistem utama di perjalanan menuju planet baru, Homestead II yang menyebabkan Pod Hibernasi nomor 1948 milik Jim Preston [Chris Pratt], seorang Teknisi Mekanik dari Colorado,US. salah satu dari penumpang kelas 2 kapal Avalon yang tergabung dalam perjalanan menuju Dunia Baru yang disebut Dunia Koloni Homestead II.


Tubrukan antara pesawat Avalon dengan Asteroid raksaksa


tubrukan yang begitu dahsyat antara Kapal Avalon dengan Asteroid raksaksa tersebut menyebabkan terbuka nya Pod Hibernasi milik Jim dan menyebabkan doi kebangun dari hibernasi nya ke dunia laen [lo kate acara setan dunia laen?] i mean that : perjalanan doi ke dunia baru yang bernama Homestaed II.

doi kesono kaga sendirian, tapi bukan sama gue yahh... doi kesana bersama 5.258 orang lain nya yang terdiri dari 5.000 passangers dan sisahnya crew kapal Avalon yang berlayar mengarungi jagat raya dengan pesawat luar angkasa yang bernama Avelon II selama kurang lebih se-abad lebih 20 tahun [baca : 120 tahun]. doi [Jim] terabangun 90 tahun lebih awal sebelum kapal mendarat.

lo bisa bayangin kan gimana rasa nya terdampar di Jagat raya [baca : luar angkasa] seumur hidup? lo bayangin aja [kalo gue mah ogah banget ngebayangin-nya, ngapain coba? mending gue ngebayangin cinta sejati gue, kedepan gue bakal jadi papa muda ganteng yang sukses, ciehhhh curhat lagi dah gue wkwkwk] lo bayangin aja perjalanan menuju Homestead II baru akan tiba setelah menempuh jarak 120 tahun perjalanan dari bumi dan doi kebangun 90 tahun lebih awal. itu artinya doi baru hibernasi selama 30 tahun atau doi baru nempuh 1/4 perjalanan dan buat nyampe ke Homestead II itu doi harus nunggu 90 tahun lagi dan jika kita rata-rata umur doi saat ini [kita asumsikan saat ini doi berumur -/+ 30 tahun] dengan sisah jarak tempuh perjalanan sampai kapal mendarat berarti kita bisa tarik kesimpulan kalo doi bakal ke surga saat kapal Avalon baru berlayar 2/3 pejalanan atau ketika doi berumur 80 tahun [rata-rata angka harapan hidup].itu artinya doi gak bakalan pernah sampai ke Planet Homestead II karena doi kekurangan waktu [baca : slisih] 40 tahun dari sisah perjalanan. 

betapa complicated nya yah tu situasi kalo kita yang ngalami kejadian tersebut dan kita tersesat tanpa bisa berbuat apa-apa ...(oh my god)  lebay terus gue, mati masuk surga. Aamiin ya robbal 'alamin

tapi emang guys, coba lo bayangin sendiri, seandainya elo yang berada di posisi tu mr.jim lo bakal apa? dan apa yang bakal lo lakuin buat bisa tidur hibernasi lagi? sedangkan perjalanan mengarungi alam semesta masih tinggal 90 tahun lagi. itu artinya elo bakal mati sebelum kapal lo berlabuh... hiiiii selemmmm

"oh ya guys fyi nih seseorang dengan incubator hibernasi mau tidur sampe seribu taon pun kagak bakalan berpengaruh terhadap pertumbuhan, atau gak ngaruh terhadap umur doi. andai incubator hibernasi benar-benar ada di masa depan gue pengen tidur saat gue berumur 50 tahun selama 20 tahun per abad, jadi gue bisa ngerasain abad baru dan dunia baru itu seperti apa, wihhhh canggih, seru kali yak wkwkwk." ngayal terussss sampe kakek-kakek wkwkwk

setiap hari Mr.Jim pun tak mau menyerah mencari cara bagaimana memperbaiki Pot Hibernasi nya yang rusak agar doi bisa tidur kembali. segala usaha sudah doi coba dan lakukan, dari berkirim surat ke Bumi dengan keluhan serupa, hingga mencoba membobol banker door milik Mr.Gus yang tak membuahkan hasil.
[fyi : pesan yang dikirim Mr.Jim ke bumi akan sampai dalam 19 tahun. dan akan mendapat jawaban paling cepat 55 tahun. jadi doi harus menunggu 74 tahun untuk mengetahui hasil pesan yang dikirim doi ke bumi. dan biaya kirim pesan ke bumi tidaklah gratis, doi kudu bayar $6.012 atau kalo dirupiahin sekitar 81juta rupiah untuk per satu pesan yang terkirim ke bumi] dan itu artinya lagi lagi doi udah keburu ke surga duluan sebelum mendapatkan bantuan dari pesan yang doi kirimkan ke bumi] Amazinggggg zzzzzzz

day by day pun berlalu si doi yang tadi nya putus asa mulai menerima kenyataan kalo doi emang ditakdirkan tersesat di kapal luar angkasa yang super canggih [baca : kejam] ... hingga setahun kemudian ketika doi lagi ngobrol nih sama si Arthur [Michael Sheen] si robot bartender, doi curhat ke Arthur mintak pendapat beliau.

"bro, gue liat cewe cakep banget deket pot hibernasi gue, nama nya Aurora Lane. dia penulis, mungkin dia ditaktirkan buat jadi princess gue di jagat raya ini"

"yah, mungkin aja, semoga tuhan mendengar do'a lo" sahut si robot

"gimana yah kalo gue ngebangunin sih princess? gue sendiri disini, udah setaon, yah lo bisa bayangin lah gimana gue kesepian... gue butuh teman buat nemani hari-hari gue yang kesepian" curhat si Jim.

"tapi kan gue robot. gue ndak bisa lah ngerasain apa yg lo rasain " celetuk si robot memotong pembicaraan Mr.Jim"

"oh iya gue lupa" timpal Mr. Jim
"yaudah kalo lo mau ngebangunin tu princess bangunin aja itung-itung kan gue nambah teman satu lagi di bar gue" saran si robot

"okedeh tapi lo janji yah nanti kalo si princess udah bangun lo jangan bilang ke dia kalo gue yang ngerusak Pod Hibernasi nya. ini rahasia kita bedua " pinta Mr. Jim kepada si robot

"okedeh kalo gitu" sahut si robot ngeyakinin Mr.Jim


bintang pun berlalu, Mr.Jim yang galau antara hidup dan mati, maksud nya antara ngebangunin si princes atau ngga, mulai ngga enak badan dan mulai kepikiran terus menerus setiap malam...
minum obat pun udah, konsultasi ke robot pun udah, tapi Mr.Jim pun masih belum bisa menentukan keputusan nya.

"kalo gue gak bangunin princess gue bakalan mati sendiri di sini dan gue bakal jadi pembual yang paling tragis di jagat raya ini, tapi kalo gue ngebangunin princess gue ngerebut hak dia buat hidup dan kalo dia tahu pasti dia bakal benci banget sama gue" renung Mr.Jim dalam kamar kabin nya.
keesokan hari nya dengan tekad dan niat yang sudah bulat [digoreng dadakan lima ratusan gurih-gurih enyoiii] Mr.Jim pun ngebangunin sang princess yang bernama Aurora [Jennifer Lawrence] dari Pot Hibernasi nya. dan Aurora pun terbangun.


Mr.Jim ngerusak pod HIbernasi Mrs.Aurora yang menyebabkan Mrs.Aurora terbangun dari Hibernasi nya

sama seperti Mr.Jim Aurora yang baru terbangun dari Hibernasi pun kaget dan merasa takut dan bingung kenapa dia bisa terbangun dari Hibernasi dan bisa bangun lebih awal dari waktu yang dijadwalkan yakni 4 bulan sebelum kapal mendarat.

hari-hari mereka selalu bersama, semua kegiatan pun mereka lakukan bersama. sarapan,renang,bermain game dan mereka mulai melupakan akan kekhawatiran mereka tersesat di kapal luar angkasa yang mengerikan itu karena kebersamaan mereka yang bisa mengisi waktu mereka satu sama lain dan setidaknya menenangkan mereka dari ketakutan akan "mimpi buruk di luar angkasa". tanpa putus asa Mr.Jim dan Aurora selalu berusaha mencoba memperbaiki Pot Hibernasi mereka yang rusak.

seiring berjalan-nya waktu dan keberadaan mereka yang hanya berdua di kapal tersebut dan selalu melakaukan aktivitas yang sama setiap hari, akhirnya benih cinta pun tumbuh. mengagumi satu sama lain dan menjadi sepasang kekasih yang ditakdirkan memiliki alam semesta beserta bintang-bintang yang indah. so sweet ...

perjalanan cinta mereka pun tidak berjalan mulus.malam ketika Mr.Jim akan meminang Aurora di depan Arthur, dengan lugu si robot keceplosan memberi tahu Aurora kalau Mr.Jim lah yang telah ngerusak Pot Hibernasi nya dan menyebabkan Aurora terbangun dari Hibernasi nya. setelah Aurora mengetahui hal tersebut, dia marah besar kepada Mr.Jim dan sangat amat membenci doi.

"lo tega yee lakuin ini ke gue, lo udah ngerebut idup gue, lo udah ngerampas mimpi-mimpi gue, lo jahat gue benci elo " maki si Princess sambil nangis dan berlalu meninggalkan Mr.Jim

"Aurora tunggu" panggil Mr.Jim dengan penuh penyesalan dan rasa bersalah

hari-hari mereka pun sulit, hari-hari romantis yang dulu mereka miliki kini hilang ditelan kebencian. Aurora yang putus asa kini semakin menjadi benci dan marah setiap kali bertemu dengan Mr.Jim...
dan kini mereka kembali menjalani aktivitas sehari-hari sendiri, Mr.Jim yang sangat mencintai Aurora tak menyerah begitu saja, doi terus menjelaskan kepada Aurora betapa ia mencintainya dan meminta Aurora memaafkan nya.

Kapal Avalon pun terus melaju dengan kecepatan tinggi melintasi bintang, mengarungi Jagat Raya menuju Homestead II. ditandai dengan rusak nya lift gravitasi yang digunakan Mr.Jim, error nya vending machine saat Aurora sarapan, rusak nya robot-robot pembersih otomatis, kerusakan sistem pun semakin bertambah dari hari ke hari akibat tubrukan hebat Asteraoit dua tahun lalu.

beruntung, dalam keadaan darurat mereka bertemu dengan Gus Mancuso [Laurence Fishburne] diruang perkumpulan, seorang kepala dek kapal Avalon yang mengalami kegagalan Hibenasi juga.dengan bantuan Gus, mereka segera mencari tahu troubles dari semua kegagalan Hibernasi dan kerusakan kapal Avalon.
keadaan semakin kacau, semua hampir selesai, kerusakan dimana-mana. sir Arthur yang menari kesana kesini, robot pembersih yang jatuh berterbangan dan padam nya mesin utama Kapal Avalon yang menyebabkan hilangnya gravitasi. scene yang paling menegangkan adalah hilangnya gravitasi di kapal Avalon ketika Aurora sedang berenang dan terjebak di dalam gelembung air dan kalau saja kapal tersebut tidak normal kembali dengan cepat,maka Aurora akan ke alam baka lebih cepat tanpa melihat kekasihnya lagi, Mr.Jim... hiiiii ngeriiiii


Hilangnya Gravitasi menyebabkan air di kolam renang melayang ke Udara
Aurora terjebak dalam gelumbung air di ruangan tanpa gravitasi
Mr.Jim melayang di Udara karena hilangnya Gravitasi


Mr.Gus yang mulai berubah menjadi Vampir hehehe [maksud gue mulai terbang karena hilangnya Gravitasi]




namun semua kerusakan dan masalah di kapal Avalon itu bisa diperbaiki dengan kerja sama yang baik antara Mr.Jim dan Mrs.Aurora. berkat bantuan Mr.Gus [walaupun Mr.Gus meninggal karena sakit efek dari Hibernasi] dan meskipun mereka tidak bisa tertidur di Pot Hibernasi lagi karena Pot Hibernasi yang tidak memungkinkan untuk diperbaiki, setidaknya melakukan aktivitas bersama setiap hari memungkinkan harpan hidup yang lebih panjang dan bahagia buat mereka berdua, Jim Preston dan Aurora Lane...

dan akhirnya setalah 88 tahun berlayar mengarungi jagat raya, kapal Avalon pun mendarat di Planet Homestead II dengan selamat. SELESAI

No comments:

Post a Comment